POLI KEBIDANAN & KANDUNGAN

IMG_5184

Poliklinik Kandungan dan Kebidanan

Poliklinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan adalah Poliklinik yang bertujuan untuk membantu pasien dengan kasus yang berhubungan dengan kehamilan dan penyakit kandungan serta didukung beberapa dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil

1. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Bumil disarankan untuk rutin berkonsultasi ke dokter kandungan selama masa kehamilan. Hal ini penting dilakukan agar dokter dapat membantu Bumil untuk mempersiapkan apa saja yang perlu dilakukan selama masa kehamilan dan menjelang persalinan.

Selain itu, dengan menjalani pemeriksaan kehamilan secara rutin, dokter juga dapat mengantisipasi kemungkinan apa saja yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyarankan langkah perawatan kehamilan dan metode persalinan terbaik untuk  ibu hamil dan janin.

2. Perhatikan asupan nutrisi

Agar kondisi kehamilan tetap sehat, Bumil disarankan untuk memenuhi asupan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan beragam mineral penting misalnya kalsium, zat besi, dan folat.

Perlu Bumil ketahui bahwa untuk menunjang hamil sehat, dibutuhkan 300 kalori ekstra dalam 6 bulan pertama kehamilan. Bumil bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Selain itu, pastikan Bumil mengonsumsi makanan yang telah dimasak sempurna agar terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan janin.

Hindari juga jenis ikan tertentu yang mengandung tinggi merkuri, seperti ikan tuna, dan ikan sarden. Disarankan pula untuk mengurangi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

3. Olahraga secara teratur

Banyak manfaat yang bisa Bumil peroleh jika rutin berolahraga selama masa kehamilan, yaitu:

  • Membangun kekuatan dan daya tahan tubuh yang diperlukan seiring bertambahnya usia kehamilan
  • Memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula setelah bayi lahir
  • Mencegah atau meringankan sakit dan nyeri selama hamil
  • Meningkatkan sirkulasi darah di tungkai dan seluruh tubuh
  • Mengurangi stres saat hamil

Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan selama masa kehamilan adalah jalan cepat, renang, yoga, pilates, dan senam kegel. Meski baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri hingga tubuh kelelahan atau mengalami dehidrasi.

Hindari jenis olahraga yang berisiko berat atau yang dapat memberikan tekanan berlebih pada sendi. Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dalam memilih jenis olahraga yang baik untuk mencapai hamil sehat.

4. Cukupi waktu istirahat

Rasa lelah yang dialami pada beberapa bulan pertama masa kehamilan disebabkan tingginya kadar hormon kehamilan dalam tubuh. Ini adalah cara tubuh untuk memberitahu Bumil agar mengurangi aktivitas.

Jika Bumil mengalami sulit tidur di malam hari, cobalah untuk tidur sebentar di siang harinya atau sekadar mengangkat kaki ke kursi dan bersantai selama 30 menit.

Jika sakit punggung mengganggu tidur Bumil, cobalah tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk. Meletakkan bantal di bawah perut juga dapat meringankan punggung yang tegang atau sakit selama masa kehamilan.

Selain itu, Bumil juga bisa mencoba teknik relaksasi yang aman selama kehamilan, seperti peregangan, latiihan pernapasan, yoga, atau pijat ibu hamil. Namun, konsultasikan lebih dulu ke dokter sebelum memutuskan untuk melakukannya.

5. Jangan merokok dan hindari asap rokok

Rokok merupakan hal yang sudah sepatutnya dihindari jika ingin memiliki kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang aktif merokok bisa membuat janin turut terpapar zat berbahaya dari rokok tersebut.

Perlu diketahui bahwa merokok dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir bayi rendah, cacat lahir, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Selain itu, merokok saat hamil juga berkaitan dengan risiko bayi meninggal saat lahir, kehamilan ektopik, dan solusio plasenta.

6. Periksakan kesehatan gigi secara rutin

Bumil juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan mulut selama hamil. Hal ini penting dilakukan karena fluktuasi hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan dapat membuat ibu hamil lebih rentan terkena penyakit gusi

Studi menunjukkan bahwa penyakit gigi dan gusi dapat menyebabkan kelahiran prematur dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bakteri di gigi dan gusi yang mampu mencapai rahim dan memengaruhi perkembangan bayi.

Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan memeriksakan kondisi gigi ke dokter gigi secara rutin.

7. Jaga kesehatan mental

Banyak ibu hamil yang merasakan perubahan emosi dengan cepat selama masa kehamilan. Namun, jika perubahan suasana hati terasa ekstrem atau mengganggu kehidupan sehari-hari, sebaiknya Bumil segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Menjaga kondisi kehamilan sangatlah penting untuk mewujudkan hamil sehat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan lakukan pemeriksaan rutin selama hamil agar kondisi kesehatan Bumil dan janin tetap terpantau dan terjaga.

Dokter Poliklinik

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Jadwal Poli

 Senin, Selasa dan Rabu

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Jadwal Poli 

Kamis, Jum’at dan Sabtu

Contact Us

IGD RSUD CILACAP 24 JAM

WhatsApp Pengaduan RSUD Cilacap
(0821-3605-6036)

Call Center

(0282) 533010 / 535233

Open chat
Butuh Bantuan?
Selamat Datang di PENGADUAN RSUD CILACAP 👋

Ada yang bisa kami bantu?
Skip to content