UPACARA HARI KEMERDEKAAN 75 REPUBLIK INDONESIA

RSUD Cilacap dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menggelar Upacara Bendera peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI. Acara tersebut diselenggarakan di halaman depan RSUD Cilacap Senin (17/8) diikuti Pejabat Struktural dari Dinas Kesehatan Kab.Cilacap dan RSUD Cilacap.

Meski menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, upacara berlangsung khidmat. Kepala Dinas Kesehatan dr.Pramesti Griana Dewi, M.Kes.,M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan membacakan amanat dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pesan yang disampaikan yakni di usia 75 tahun Republik Indonesia, spirit jangan mengeluh harus senantiasa tertanam di dalam sanubari masing-masing. Seberat apapun hidup yang dijalani, termasuk di tengah pandemi yang tengah mewabah saat ini.

“Inilah saatnya kita menengok sanubari untuk menakar seberapa besar kadar cinta kita terhadap negeri”, kata Kepala Dinas Kesehatan Kab.Cilacap membacakan sambutan Gubernur.

 

Keadaan ini juga dapat dilihat dari heroisme perjuangan para pendahulu, baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan. Dengan persenjataan yang sederhana dan terbatas, Bangsa Indonesia memiliki sebuah senjata pamungkas, yakni tekad bulat terbebas dari penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan.

Pelaksanaan Upacara Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan RI berlangsung lancar. Meski demikian, ada beberapa penyesuaian dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI kali ini. Selain penerapan protokol kesehatan antar petugas dan peserta, setelah upacara selesai dilanjut dengan mengikuti Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual dari Istana Negara.

 

Pada sore hari jam 16.30 Wib persiapan upacara penurunan bendera sang merah putih yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara kemudian dilanjutkan di Halaman Depan RSUD Cilacap yang dihadiri oleh para pejabat dari RSUD Cilacap dan Dinas Kesehatan Kab.Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.