HARI GIZI NASIONAL KE – 60

Selasa 28 Januari 2020 RSUD Cilacap menggelar acara Hari Gizi Nasional ke – 60 oleh Instalasi Gizi RSUD Cilacap di Gedung A lantai 1, sekilas cerita tentang Persagi (Persatuan Ahli Gizi) merupakan organisasi profesi yang selalu berupaya mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang dietetic, gizi dan pangan. Salah satu kegiatan ilmiah yang secara rutin dilaksanakan adalah seminar gizi. Melalui kegiatan ilmiah tersebut diharapkan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dietisien.
Gizi merupakan faktor penting karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu perlu pelayanan gizi yang berkualitas pada individu dan masyarakat. Pelayanan gizi wajib mengacu kepada standar yang berlaku. Asupan gizi yang tidak sesuai kebutuhan sangat berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit dan komplikasinya.

Generasi Milenial adalah istilah yang populer untuk sebutan orang yang lahir di tahun 1980 – hingga kini. Generasi milenial memiliki karakter yang khas, yang lahir pada jaman TV sudah berwarna, alat komunikasi menggunakan handphone dan smartphone, serta internet yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Berkembangnya teknologi dan media sosial saat ini, membuat milenial menjadi melek teknologi dan dapat mengakses informasi tanpa batas dari internet. Sehingga pada era milenial segala bentuk kegiatan dapat dijalankan hanya dengan menggunakan mengakses internet.
Pada era milenial, orang sangat leluasa mendapatkan informasi hanya dengan menggunakan internet, sehingga akan mengurangi aktivitas gerak sehingga banyak pekerjaan yang diselesaikan dengan hanya duduk dan mengakses menggunakan internet. Ini akan mengurangi aktifitas orang-orang sedangkan asupan makan tetap meningkat ini yang dapat menyebabkan obesitas.
Obesitas adalah suatu gangguan yang melibatkan lemak tubuh berlebihan yang berdampak meningkatnya resiko masalah kesehatan. Obesitas sering kali terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibakar melalui olahraga dan kegiatan normal sehari-hari.
Sehingga pada era milenial, resiko obesitas dapat meningkat untuk itu maka perlu dilakukan pencegahan agar tidak menyebabkan resiko masalah kesehatan. Dengan adanya sekrining obesitas sedini mungkin dapat mencegah hal tersebut terjadi untuk optimalisasi kinerja pada era milenial.
Rumah Sakit mempunyai fungsi dan tujuan sebagai sarana pelayanan kesehatan dalam menunjang era milenial harus dapat menjadi pelopor kesehatan sesuai dengan slogan pada Hari Gizi Nasional yang ke – 60 yaitu “Ayo Jadi Milenial Peduli Gizi”.
Tiarachma & Tim Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: