RSUD CILACAP MEMPERINGATI HARI AIDS SEDUNIA

 

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, moment tersebut mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

RSUD Cilacap sangat concern dalam hal ini, terbukti pada Sabtu, 7 Desember 2019, dalam rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia, diselenggarakan Pemeriksaan VCT bagi civitas hospitalia, petugas parkir dan pedagang kaki lima di lingkungan RSUD Cilacap. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui / mendeteksi sedini mungkin untuk mengetahui status HIVnya. Setelah diketahui hasilnya positif akan ditindaklanjuti dan  ditentukan apa yang harus dilakukan. Disamping itu,  dilakukan konseling untuk diarahkan dan dibantu agar tidak menularkan ke orang lain serta dapat melanjutkan hidup dengan cara yang positif.

Sebelum melepas balon STOP AIDS ke udara, sebagai tanda dimulainya kegiatan pemeriksaan VCT dalam rangka Peringatan Hari AIDS di RSUD Cilacap,  Direktur RSUD  Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian RSUD Cilacap dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran HIV AIDS. Harapan beliau semoga kegiatan ini berdampak positif dan menjadi moment penting bagi yang belum melakukan pemeriksaan VCT.

Untuk memeriahkan acara peringatan Hari AIDS Sedunia di RSUD Cilacap, diadakan lomba foto yang diikuti oleh civitas hospitalia RSUD Cilacap dengan booth yang telah disiapkan panitia. Ajang ini juga sebagai bentuk  kampanye kepada masyarakat untuk waspada terhadap penularan HIV AIDS yang dikemas secara kreatif lebih “funny” dan “mileneal”.

 

 

Mari .. wujudkan Sehat Bersama Masyarakat...

dan katakan…Saya Berani...Saya Sehat !!

 

 

 

(Neng Cintawati dan Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: