PMKP

A. STRUKTUR ORGANISASI KOMITE PMKP RSUD CILACAP

struktur-pmkp

 

B. INDIKATOR AREA KLINIK (IAK), INDIKATOR AREA MANAJEMEN, INDIKATOR SASARAN            

     KESELAMATAN PASIEN

INDIKATOR AREA KLINIK

NOINDIKATOR AREA KLINIKJUDUL INDIKATOR
1Asesmen PasienKelengkapan asesmen awal medis lengkap dalam 24 jam pada pasien di rawat inap
2Pelayanan LaboratoriumWaktu tunggu hasil pelayanan laboratorium
3Pelayanan RadiologiWaktu tunggu hasil pelayanan thorax foto
4Prosedur OperasiTidak adanya kejadian operasi salah orang
5Penggunaan antibiotik dan obat lainnyaKepatuhan penulisan resep sesuai formularium RS
6Kesalahan medikasi (medication error) dan kejadian nyaris cidera (KNC)Tidak adanya kejadian nyaris cidera (KNC) dalam pembacaan resep obat oleh farmasi
7Penggunaan anestesi dan sedasiKelengkapan asesmen pre anestesi
8Penggunaan darah dan produk darahKetidakefektifitas penggunaan darah
9Ketersediaan isi dan penggunaan rekam medis pasienKelengkapan ringkasan pulang pasien rawat inap dalam waktu 24 jam
10Pencegahan dan pengendalian infeksi, surveilans dan pelaporanAngka kejadian infeksi jarum infus (Phlebitis)

 

INDIKATOR AREA MANAJEMEN

NOINDIKATOR AREA MANAJEMENJUDUL INDIKATOR
1Pengadaan rutin alat medis dan obat.Ketersediaan obat formularium di RS
2Pelaporan kegiatan yang diwajibkan oleh peraturan per undang-undang dan peraturanKetepatan Waktu Pengiriman Laporan KLB DHF Ke Dinkes Kabupaten
3Manajemen resikoKejadian pasien pulang APS
4Manajemen Penggunaan
Sumber Daya Manusia
Ketepatan waktu kenaikan
pangkat
5Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga pasienTingkat kepuasan pelanggan pasien RJ
6Harapan dan kepuasan stafKepuasan karyawan
7Demografi dan diagnosis klinis pasienDemografi pasien dengan diagnosis klinik DHF
8Manajemen keuanganKeterlambatan Pembayaran Piutang Umum
9Pencegahan dan pengendalian, pengawasan, serta pelaporan infeksiKepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

 

INDIKATOR KESELAMATAN PASIEN

NOAREA INDIKATOR MANAJEMENJUDUL INDIKATOR MUTU
1Ketepatan identifikasi pasien Kepatuhan perawat melakukan identifikasi pasien sebelum pemberian obat injeksi
2Peningkatan komunikasi efektifKelengkapan tanda tangan dokter pada form / stempel TBK
3Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadaiKepatuhan penyimpanan elektrolit pekat
4Kepastian tepat lokasi operasiKelengkapan check list keselamatan pasien di kamar operasi
5Pengurangan resiko infeksiKepatuhan petugas kesehatan dalam melakukan kebersihan tangan dengan metode 6 langkah dan 5 momen
6Pengurangan resiko jatuhPelaksanaan asesmen awal pasien resiko jatuh di rawat inap

 

INTERNATIONAL LIBRARY OF MEASURES (ILM)

NOSTANDARJUDUL INDIKATOR
1Related to JCI’s Of Measure, I-AMI-01
Aspirin received within 24 hours of arrival to the hospital for patients having an acute myocardial infarction (AMI).
Pemberian aspirin/aspilets dalam waktu 24 jam sejak pasien di RS dengan diagnosa infak miokard akut (I-AMI-1)
2Related to JCI’s Of Measure, I-AMI 2
Aspirin prescribed at discharge for patientswho had an acute myocardial infarction.
Pemberian aspirin/aspilets pada pasien infark miokard akut yang dipulangkan dari RS (I-AMI-2)
3Related to JCI’s Library Of Measures, I-PC-02
Nulliparous women with a term, singleton baby in a vertex position delivered by cesarean section.
SC pada ibu nullipara hamil aterm bayi tunggal dan posisi letak kepala (I-PC-2)
4I-PC-05 (Perinatal Care)
Exclusive breast milk feeding during the newborn’s entire hospitalization.
Pemberian ASI eksklusif pada bayi baru lahir selama perawatan di rumah sakit (I-PC-5)
5I-NSC-4 (Nursing Sensitive Care)
All documented falls with or without injury,experienced by patients in calendar month.
Persentase Kejadian pasien jatuh dengan atau tanpa cidera (I-NSC-4)

 

C. HASIL INDIKATOR MUTU (INDIKATOR AREA KLINIK)

JUDUL INDIKATORTARGET HASIL CAPAIAN 
SEPTEMBEROKTOBERNOPEMBER
Kelengkapan asesmen awal medis lengkap dalam 24 jam pada pasien di rawat inap70 %30.91%46.36%64.26%
Waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium100 %88.89%98.88%69.97%
Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto100 %61.23%63.83%69.61%
Tidak adanya kejadian operasi salah orang100 %100%100%100%
Penulisan resep sesuai formularium RS100 %100%100%100%
Tidak adanya kejadian nyaris cidera (KNC) dalam pembacaan resep obat oleh farmasi100 %99.97%99.98%99.97%
Kelengkapan asesmen pra anestesi100 %93.96%68.51%97.26%
Ketidakefektifitas penggunaan darah0 %8.2%2.08%2.47%
Kelengkapan ringkasan pulang pasien rawat inap dalam waktu 24 jam100 %2.77%6.51%6.81%
Angka kejadian infeksi jarum infus (Phlebitis)00.0200.0340.026

 

 

1. Grafik Pemantauan Indikator Area Klinik (IAK)

    a. Kelengkapan asesmen awal medis lengkap dalam 24 jam pada pasien di rawat inap

iak1

 

    b. Waktu Tunggu Hasil Pelayanan Laboratorium

iak2

 

    c. Waktu tunggu hasil pelayanan thorax foto

iak3

 

    d. Tidak Adanya Kejadian Operasi Salah Orang

iak4

 

    e. Penulisan Resep Sesuai Formularium RS

iak5

 

    f. Tidak Adanya Kejadian Nyaris Cidera (KNC) Dalam Pembacaan Resep Obat Oleh Farmasi

iak6

 

    g. Kelengkapan Dokumen Assesmen Pra Anestesi

iak7

 

   h. Ketidakefektifitas Penggunaan Darah

iak8

 

    i. Kelengkapan Ringkasan Pulang Pasien Rawat Inap Dalam Waktu 24 Jam

iak9

 

    j. Angka Kejadian Infeksi Jarum Infus (Phlebitis)

iak91

 

2. Grafik Pemantauan Indikator Area Manajemen (IAM)

    a. Ketersediaan Obat Formularium di RS

iam01

    b. Ketepatan waktu pengiriman laporan KLB DHF ke Dinkes Kabupaten

iam02

    c. Kejadian Pasien pulang APS

iam03

    d. Ketepatan Waktu Kenaikan Pangkat

iam04

    e. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan

iam05

    f.  Tingkat Kepuasan staf

iam06

    g. Kelengkapan Data Demografi Pasien Dengan Diagnosis Klinik DHF

iam07

    h. Keterlambatan Pembayaran Piutang Umum

iam08

    i. Kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

iam09

 

3. Grafik Pemantauan Indikator Sasaran Keselamatan Pasien (ISKP)

      a. Kepatuhan Perawat Melakukan Identifikasi Pasien Sebelum Pemberian Obat Injeksi

iskp01

        b. Jumlah Kelengkapan Tanda Tangan Dokter Pada Form / Stempel TBK

iskp02

        c. Kepatuhan penyimpanan elektrolit pekat

iskp03

        d. Kelengkapan Check List Keselamatan Pasien Di Kamar Operasi

iskp04

        e. Kepatuhan Petugas Kesehatan Dalam Melakukan Kebersihan Tangan Dengan Metode 6 Langkah & 5 Momen

iskp05

        f. Pelaksanaan Asesmen Awal Pasien Resiko Jatuh Di Rawat Inap

iskp06

 

HASIL VALIDASI DAN BENCHMARKING

A. Hasil

    1. IAK 1 : Kelengkapan asesmen awal medis lengkap dalam 24 jam pada pasien di rawat inap

hasil01

    2. IAK 4 : Tidak adanya kejadian operasi salah orang

hasil02

    3. IAK 5 : Kepatuhan Penulisan resep sesuai formularium RS

hasil03

    4. IAK 6 : Tidak adanya kejadian nyaris cidera (KNC) dalam pembacaan resep obat oleh farmasi

hasil04

    5. IAK 7 Kelengkapan asesmen pra anestesi

hasil05

    6. Ketidakefektifitas penggunaan darah

hasil06

    7. IAK 9 : Kelengkapan ringkasan pulang pasien rawat inap dalam waktu 24 jam

hasil07

    8. ISKP 2 Kelengkapan tanda tangan dokter pada form / stempel TBK

hasil08

    9. ISKP 4 Kelengkapan check list keselamatan pasien di kamar operasi

hasil09

   10. ISKP 6 Pelaksanaan asesmen awal pasien resiko jatuh di rawat inap

hasil10

 

B. Hasil Benchmarking Eksternal

    1. IAK 1 : Kelengkapan asesmen awal medis lengkap dalam 24 jam pada pasien di rawat inap

hb01

    2. IAK 2 : Waktu Tunggu Hasil Pelayanan Laboratorium

hb02

    3. IAK 3 : Waktu Tunggu Hasil Pelayanan Thorax Foto

hb03

    4. IAK 5 : Kepatuhan Penulisan Resep  Sesuai Formularium RS

hb04

    5. IAM 3 : Kejadian Pasien Pulang APS

hb05

    6. ISKP 5 : Kepatuhan Petugas Kesehatan Dalam Melakukan Kebersihan Tangan Dengan

        Metode 6 Langkah dan 5 Momen

hb06

 

C. Hasil Benchmarking Internal Ruang Dahlia dan Kenanga

     Kejadian Pasien Pulang Atas Permintaan Sendiri

bminternal

%d blogger menyukai ini: