logo

SOSIALISASI E-SKP

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 disebutkan bahwa setiap PNS berkewajiban menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan rencana kerja tahunan . Dengan adanya SKP dapat diketahui sejauh mana pencapaian kinerja masing-masing pegawai karena SKP memuat kegiatan tugas pokok jabatan PNS serta target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian.  Pengisian SKP yang sebelumnya  diisi secara manual maka kini seiring dengan perkembangan teknologi,  di era digitalisasi, pengisian SKP dilakukan secara online melalui aplikasi.  Khusus di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap aplikasi on line SKP dapat diakses melalui https://kinerjapns.cilacapkab.go.id.

Terkait hal diatas, RSUD Cilacap mengundang BKPPD Kabupaten Cilacap sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi e-SKP bagi civitas hospitalia RSUD Cilacap yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan RSUD Cilacap pada hari Rabu, 8 Mei 2019. Dalam sambutannya, Direktur RSUD  Cilacap yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan, Hasanuddin, S.STP, MM, menyampaikan bahwa setiap PNS wajib menyusun SKP di awal tahun sebagai kontrak kerja. Oleh karena itu peserta Sosialisasi e-SKP  yang merupakan perwakilan dari masing-masing unit kerja harus mampu menyampaikan kepada rekan-rekannya untuk menindaklanjuti hasil sosialisasi ini. Adapun penyelenggaraan sosialisasi ini  dibagi dalam 2 (dua) gelombang yaitu pada  tanggal 8 Mei 2019 dan 9 Mei 2019.

Kristi Maryunani, AKS selaku Ka. Subid. Evaluasi Kinerja ASN BKPPD Kabupaten Cilacap menjelaskan secara rinci ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam PP Nomor 46 Tahun 2016 dan PERKA BKN Nomor 34 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan dan Penilaian Sasaran Kerja Pegawai diantaranya batas waktu pembuatan SKP. Beliau menegaskan bahwa penilaian SKP tidak tergantung pada kuantitas tugas jabatan,  akan tetapi lebih ditekankan pada realisasi dan target kinerja.  Adapun Irpan Setiawan, S.Kom selaku Ka. Subid. Data dan Informasi BKKPD Kabupaten Cilacap mengupas tentang cara menginput data pada aplikasi e-SKP. Diawali dengan membuka aplikasi dengan memasukkan user dan password sesuai dengan NIP dan data kelahiran (tanggal, bulan dan tahun yang terdiri dari 6 digit) sesuai data PNS masing-masing.

Bagi Kelompok Jabatan Struktural dan JFU, uraian tugas pokok dan fungsi harus sesuai dengan data parents atasan langsungnya, sedangkan bagi kelompok  JFT bisa diisi dengan data parents atasan langsungnya atau sesuai dengan kreativitas masing-masing sesuai PERMENKES. Bagi PNS yang memiliki tugas tambahan diluar tupoksinya dapat menginput tugas tambahan pada fitur kinerja karena tugas tambahan dimaksud akan menambah jumlah SKP dan berpengaruh terhadap capaian penilaian kinerja. Tugas tambahan tersebut perlu didukung dan dibuktikan melalui dokumen berupa SK Tim ataupun SPMT yang ditetapkan oleh Direktur RSUD Cilacap disertai Surat Keterangan yang ditandatangani minimal oleh pejabat eselon 2.

Melalui fitur- fitur yag tersedia pada sistem informasi e-SKP ini banyak manfaat yang didapat antara lain kemudahan dalam penyusunan, monitoring dan pengarsipan data SKP. Dan bagi para pimpinan, dapat memantau progres pekerjaan stafnya  secara real time. Di samping itu aplikasi ini terjaga validitas datanya  karena terintegrasi dengan data kepegawaian  di e-SIMPEG.

 

 

(Neng Cintawati / Dedi )


%d bloggers like this: