logo

“OPERASI KATARAK DAN BIBIR SUMBING GRATIS” WUJUD BAKTI KEPEDULIAN SOSIAL

Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis diselenggarakan sebagai salah  satu rangkaian kegiatan Seksi Bakti Sosial Panitia Hari Jadi Ke-163 Kabupaten Cilacap hasil kerjasama RSUD Cilacap, PMI Cabang Cilacap, PERDAMI Pusat dan Alumni FK. UGM Angkatan 83,  demikian laporan yang disampaikan oleh Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si selaku Wakil Ketua Seksi Bakti Sosial pada hari Jum’at, 22 Pebruari 2019 di Pendopo Wijaya Kusuma Sakti Kabupaten Cilacap. Adapun  Tim Operasi merupakan Tim Ahli dari  PERDAMI Pusat Jakarta, Tim Dokter Bedah Plastik dari RS dr. Soetomo Surabaya dan Tim Dokter Anestesi dari RS Sardjito Yogyakarta.

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman, S.STP, M.Si setelah membuka secara resmi pelaksanaan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis,  meninjau  RSUD Cilacap sebagai lokasi pelaksanaan operasi didampingi Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si dan Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) sebagai salah satu Alumni FK UGM dan merangkap sebagai Ketua Aliansi Kepala Daerah Peduli Tanpa Rokok.

Diawali dengan pendaftaran calon pasien yang dibuka pada tanggal 16 s/d 18 Pebruari 2019 di PMI Cabang Cilacap dan UPT Puskesmas se-Kabupaten Cilacap. Dilanjutkan dengan screening pasien katarak pada tanggal 22 Pebruari 2019 di PMI Cabang Cilacap dan screening pasien bibir sumbing di RSUD Cilacap. Hasil screening diperoleh data pasien katarak siap operasi sejumlah 65 orang dan bibir sumbing sejumlah 11 orang. Operasi dilakukan dalam 2 (dua) tahap yaitu pada tanggal 22 Pebruari 2019 dan 23 Pebruari 2019, sedangkan pemeriksaan post operasi dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Pebruari 2019 di Klinik Mata RSUD Cilacap.

 

Semoga kepedulian sosial ini senantiasa terpupuk dalam benak insan kesehatan untuk mendukung program peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Aamiin….

 

 

 

(Neng Cintawati / Sony. S / Ardhi)

 


One Response to ““OPERASI KATARAK DAN BIBIR SUMBING GRATIS” WUJUD BAKTI KEPEDULIAN SOSIAL”

  1. Sri murniyati Dinas Lingkungan Hidup says:

    Sukses untuk RSUD Cilacap

Leave a Reply

%d bloggers like this: