logo

VISITASI VERIFIKASI MENUJU KETERBUKAAN INFORMASI BADAN PUBLIK

 

Sesuai Undang-undang Nomor : 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Monev Pemeringkatan Badan Publik 2018. Kegiatan ini diawali dengan Pengisian Kuesioner Penilaian Mandiri / Self Assestment Quetionnare (SAQ)– dengan batas waktu terakhir penyerahan pada tanggal 5 Oktober 2018 yang lalu– diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) RSUD Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Tengah sebagai Badan Publik yang menjalankan keterbukaan informasi terkait program di sektor kesehatan.

Pengisian Kuesioner memperhatikan petunjuk dan regulasi berdasarkan keadaan riil disertai data dukung yang menggambarkan kondisi tata kelola informasi publik. Hasil pengisian kuesioner digunakan sebagai dasar penetapan Badan Publik untuk disertakan dalam tahapan penilaian. Dalam hal ini, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menetapkan 20 (dua puluh) Badan Publik dengan nilai terbaik untuk dilanjutkan dengan visitasi verifikasi.

Berdasarkan jawaban dan ketersediaan data dukung yang dilampirkan dalam kuesioner SAQ, RSUD Cilacap dinyatakan berhak dan layak untuk dilakukan visitasi verifikasi,  menduduki peringkat ke-4 dengan perolehan nilai 85,9 , sebagaimana tertuang dalam surat Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Nomor : 125 / KI-JTG/X/2018 tanggal 11 Oktober 2018 Perihal Pemberitahuan Visitasi. Tahap ini merupakan pendalaman terhadap materi kuesioner yang telah dinilai sebelumnya.

 

 

Visitasi verifikasi informasi publik RSUD Cilacap dijadwalkan  hari Senin, 22 Oktober 2018. Tim yang terdiri dari 5 (lima) orang diketuai Bpk. Slamet Heryanto, SH, MH selaku komisioner melaksanakan verifikasi dokumen dan penilaian terhadap komitmen RSUD Cilacap dalam tata kelola informasi publik (keterbukaan) baik dari segi alokasi anggaran, SDM, sarana prasarana dan koordinasi dengan PPID Utama . Beliau juga menjelaskan Badan Publik yang  lolos passing grade akan diundang ke Semarang untuk presentasi dan akan dilaksanakan Uji Publik . Finally pada bulan November 2018 akan ada penyerahan penghargaan kepada Badan Publik yang ditetapkan sebagai  Badan Publik yang memiliki tata kelola informasi publik terbaik.

Harapannya, RSUD Cilacap dapat mewakili Kabupaten Cilacap sebagai Badan Publik yang memenuhi kriteria dalam keterbukaan informasi publik.  Tentunya ini perlu kerja keras, dukungan dan semangat dari  stakeholder dan civitas hospitalia.

MARI BERJUANG BERSAMA,  MENUJU KETERBUKAAN INFORMASI BADAN PUBLIK
RSUD CILACAP… JAYA… JAYA… JAYA

 

 

(Neng Cintawati)


%d bloggers like this: