logo

SUKSES BUKAN SEKEDAR “AMBISI”

Oleh : Neng Cintawati, S. E

Setiap insan yang bekerja tentunya berharap memperoleh sesuatu  yang lebih baik dibanding dengan apa yang sudah diperolehnya  saat ini atau hitungan waktu sebelumnya. Tidak mungkin stagnan atau diam di tempat saja tanpa adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Terlebih apabila individu tersebut  sudah meningkat kemampuan dan keterampilannya  baik secara teknis, teoritis, konseptual maupun moralitas di banding pada saat awal dia bekerja, karena pada dasarnya manusia memiliki potensi dasar dan kemampuan yang  akan terus menerus berkembang apabila diasah secara berkelanjutan.

Dengan  melakukan pengembangan sama saja dengan memperbaiki diri. Dari perbaikan diri tentu setiap insan akan menjadi lebih mengenal siapa dirinya-bagaimana kemampuan dan bakat yang dimiliki agar menjadi lebih baik, lebih maju dari posisi yang di punyai saat ini, dalam mencapai suatu kemajuan dalam hidupnya melalui kesempatan yang diperoleh untuk mengikuti program pelatihan dan pendidikan  yang lebih tinggi. Untuk itu program pelatihan dan pendidikan harus dapat dinikmati dan dirasakan oleh setiap individu secara optimal untuk menata perencanaan karier lebih lanjut.

Perencanaan karier berhubungan erat dengan masa depan organisasi / perusahaan atau individu sendiri. Rencanakan terlebih dahulu karir kita  agar lebih terfokus dan lebih terencana untuk pencapaiannya. Jika berkarir tanpa rencana maka hasilnya tidak akan terarah,  dan bisa jadi karir  akan menjadi hancur. Demikian sebaliknya apabila semakin bagus rencananya maka semakin bagus pula hasil dari rencana tersebut.

Selain aspek perbaikan dan perencanaan , kesuksesan karier tergantung pada kemampuan dan kemauan untuk melihat jauh ke depan serta keuletan dari individu tersebut.  Faktor lain yang memiliki peran penting adalah kesiapan individu dalam  menggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, tidak hanya sekedar menuruti ambisinya saja. Karena bagi orang yang sukses dalam berkarier,  ambisi hanya merupakan salah satu cambuk semangat.

Dengan kadar ambisi yang tidak berlebihan dan senantiasa dibarengi dengan kerendahan hati, ambisi mampu membawa  ke tujuan yang diinginkan. Ambisi yang dipupuk tanpa diiringi kesadaran diri dan empati  akan menumbuhkan rasa percaya diri yang berlebihan sehingga membuat lengah dan rentan ketika mengalami kegagalan,  berujung  kekecewaan dan mudah menyerah pada pencapaian ke jenjang karir selanjutnya.

JADILAH PRIBADI YANG MAU BERPROSES UNTUK SUKSES….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

%d bloggers like this: