logo

MAPPING WBK DAN BIMBINGAN TEKNIS SPIP oleh BPKP wilayah DIY

Pertemuan ke-2 dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi Fraud Control Plan (FCP) dan Bimbingan Teknis SPIP berlangsung pada hari Selasa, 17 Juli 2018. Masih dengan narasumber yang sama dari BPKP Perwakilan Jawa Tengah dan DIY dibagi dalam 2 (dua) sesi. Sesi 1 berlangsung mulai pukul 10.00 WIB s/d 12.30 WIB dengan materi Mapping WBK disampaikan oleh Bpk. Dwi Atmoko, SE.

Kegiatan berlangsung secara aktif dengan adanya diskusi yang interaktif antara pemateri dengan peserta melalui pembahasan  elemen-elemen penilaian yang ada pada Lembar Kerja Evaluasi (LKE) , mengingat penilaian terhadap unit kerja yang akan diusulkan untuk mendapat predikat WBK menggunakan Lembar Kerja Evaluasi (LKE)  yang memuat indikator komponen pengungkit dan indikator komponen hasil.

Indikator komponen pengungkit merupakan komponen yang menjadi faktor penentu pencapaian sasaran hasil pembangunan Zona Integritas menuju WBK / WBBM yaitu : Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Sedangkan indikator komponen hasil meliputi : Terwujudnya Pemerintahan Yang Bersih dan Bebas KKN serta Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kepada Masyarakat.

Sesi Ke-2 yaitu Bimbingan Teknis SPIP dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB  dengan pemateri Ibu Dian Rumastuti. Salah satu indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan Penguatan Pengawasan adalah Penerapan Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) dengan mengacu kepada kondisi yang seharusnya dilakukan antara lain pengendalian, penilaian resiko dan implementasi. Adapun konsep pengendalian yaitu pemahaman, pemetaan, pembangunan infrastruktur, internalisasi dan pengembangan berkelanjutan.

Semangat membangun Zona Integritas……

WBK / WBBM…. Pasti Bisa….

 

 


Leave a Reply

%d bloggers like this: