logo

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK RSUD CILACAP DINILAI TIM KEMENPAN & RB REPUBLIK INDONESIA

Pada tahun ini RSUD Cilacap dipercaya kembali mewakili Kabupaten Cilacap dalam Penilaian Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN dan RB ) Republik Indonesia,  mengingat pada tahun sebelumnya di 2017 RSUD Cilacap telah sukses meraih penghargaan dari KEMENPAN dan RB sebagai  Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori “ SANGAT BAIK”  dengan   nilai (A- ) dan berhasil menempati peringkat ke-14 terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut merupakan bukti apresiasi terhadap pelayanan prima RSUD Cilacap dan merupakan langkah strategis dari KEMENPAN dan RB sebagai upaya mendorong perbaikan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dengan memberikan motivasi, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan.

Prestasi gemilang yang telah diraih di 2017  tersebut, pada tahun 2018 ini harus ada peningkatan yang signifikan sebagaimana yang diharapkan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji. Berbagai upaya penataan dan  perbaikan sarana prasarana dengan dukungan para stakeholder secara bertahap dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan program kerja yang telah disusun.  Bukan itu saja, pengembangan pegawai dalam rangka peningkatan keterampilan / profesionalisme  petugas pelayanan kesehatan pun tidak luput dari perhatian pihak manajemen. Harapannya  agar dalam menjalankan tugasnya, semua civitas hospitalia  dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna pelayanan.

Berpedoman pada Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi  Republik Indonesia No. 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik, pada hari Rabu, 11 Juli 2018, Tim dari KEMENPAN dan RB  Republik Indonesia hadir  di RSUD Cilacap untuk melaksanakan penilaian guna mengetahui gambaran kinerja yang obyektif dari unit pelayanan meliputi:

  1. Visi, misi, dan motto pelayanan;
  2. Standar pelayanan dan maklumat pelayanan;
  3. Sistem, mekanisme, dan prosedur pelayanan;
  4. Sumber Daya Manusia (SDM);
  5. Sarana dan prasarana pelayanan;
  6. Penanganan pengaduan;
  7. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM);
  8. Sistem informasi pelayanan publik;
  9. Produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

 

Tim Penilai dari KEMENPAN dan RB RI ada  2 (dua) orang yaitu Fahrul Rizal, B.Sc dan Dede Kohar, S. Sos. Turut menyambut kedatangan Tim, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap selaku Ketua Dewan Pengawas RSUD Cilacap, Drs. Wasi Ariyadi, MM dan Kepala Bagian Organisasi Setda Cilacap, Drs. Aris Munandar dan seluruh pejabat struktural RSUD Cilacap menuju ruang pertemuan RSUD Cilacap yang telah dihadiri oleh perwakilan civitas hospitalia meliputi staf medis, instalasi dan ruangan.

                                   PENYAMBUTAN TIM

 

 

Drs. WASI ARIYADI, MM

  SAMBUTAN ASISTEN I SEKDA CILACAP SELAKU KETUA DEWAS 

 

Presentasi pelayanan publik RSUD Cilacap disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan, Awaluddin Muuri, AP, MM  mewakili Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, yang berhalangan hadir karena ada tugas di Surabaya.

 

 

            Ketua Tim Penilai, Fahrul Rizal, B.Sc

 

Turut memeriahkan acara diatas, Paduan Suara RSUD Cilacap mempersembahkan 2 (dua) buah lagu berturut-turut yaitu Lagu Bangga Mbangun Desa dan Mars RSUD Cilacap yang mendapat apresiasi yang baik dari Tim Penilai.

Selanjutnya tim mengadakan telusur dokumen dengan jajaran manajemen RSUD Cilacap . Harapan kita semua hasil evaluasi dari Tim pusat KEMENPAN dan  RB akan  mendapat hasil yang terbaik , sehingga pencapaiannya akan menjadi lebih meningkat dari tahun sebelumnya… aamiin…

RSUD Cilacap … Jaya… Jaya… Jaya…

Pelayanan Publik… Jadi Yang Terbaik…

 

 

Kontributor Berita : Neng Cintawati


%d bloggers like this: