logo
  • 08/05/2018
  • Berita
  • Comments Off on LOMBA INOVASI PELAYANAN RSUD CILACAP

LOMBA INOVASI PELAYANAN RSUD CILACAP

Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan visi  ” Rumah Sakit Pilihan Masyarakat” kebaruan pelayanan dalam bentuk inovasi merupakan suatu keniscayaan dan syarat mutlak RSUD Cilacap untuk mewujudkan visi tersebut.

Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si sangat menaruh perhatian pada  hal diatas,  sehingga untuk menampung  aspirasi civitas hospitalia  maka digelarlah Lomba Inovasi Pelayanan yang  diikuti oleh seluruh civitas hospitalia di lingkungan RSUD Cilacap. Harapan beliau dengan terselenggaranya lomba tersebut, dapat menggali ide-ide dan mendorong semangat civitas hospitalia untuk memberikan sumbangsih dan karya terbaiknya dalam menciptakan inovasi pelayanan demi kemajuan RSUD Cilacap yang tentunya  berdampak pada kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Walaupun dibatasi waktu yang cukup singkat,  lomba tersebut mendapat antusias dari para civitas hospitalia. Sampai dengan  batas akhir penyerahan proposal inovasi, tercatat 8 (delapan) peserta yang telah resmi mendaftar. Ke delapan peserta tersebut ada yang  perorangan dan yang merupakan team work,  terdiri dari berbagai profesi dan disiplin ilmu. Mereka disatukan dengan satu cita-cita mewujudkan inovasi pelayanan yang berkualitas dan memuaskan pelanggan.

 

Lomba Inovasi Pelayanan dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M. Si pada hari Rabu, 25 April 2018 di Ruang Pertemuan RSUD Cilacap. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta dan berharap semoga inovasi-inovasi yang dilakukan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya. Sebelum penilaian lomba dimulai,  dewan juri menyampaikan  kriteria penilaian dan teknis pelaksanaan, antara lain dijelaskan bahwa peserta lomba inovasi diberi kesempatan untuk mempresentasikan proposalnya masing-masing dengan durasi waktu 7 (tujuh) menit dilanjutkan sesi tanya jawab dari dewan juri kepada peserta.

Dewan juri beranggotakan  5 (lima) orang terdiri dari  Jajaran Manajemen RSUD Cilacap, Komite Medis RSUD Cilacap, Unit IT RSUD Cilacap dan Bagian Organisasi Setda Cilacap sebagai berikut :

  1. Awaluddin Muuri, AP, MM
  2. Listyorini, SKM, MH
  3. dr. Mahastini, Sp. THT-KL
  4. dr. Sugeng, S, Sp.THT-KL
  5. Sismawati, SE

Adapun peserta lomba inovasi sebagai berikut :

  1. Dra. Endang Sri Suryani, Apt dan tim
  2. Sugiarti, SH, MM dan tim
  3. Wasto Haryosusanto, S.Kep.Ns, MM dan tim
  4. Yuni Riyanti, SST
  5. Yuli Astuti, S.Kep.Ns
  6. Ferry Nugroho dan tim
  7. Ruang Teratai
  8. Fitri Ardiningsih, S.Kep.Ns

 

Dan… akhirnya berdasarkan Keputusan Dewan Juri ,  diumumkan para pemenang Lomba Inovasi Pelayanan RSUD Cilacap pada hari Senin, 7 Mei 2018 di forum apel pagi. Direktur RSUD Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si yang bertindak selaku Pembina Apel dalam amanatnya memberikan selamat atas inovasi para peserta dan memberikan penghargaan dan hadiah kepada para peserta. Beliau juga berpesan agar invonasi tersebut dapat segera diimplementasikan guna peningkatan pelayanan dan kinerja civitas hospitalia RSUD Cilacap yang berdampak pada  kepuasan pelanggan .

Untuk juara I yang diraih oleh Wasto Haryosusanto, S.Kep.Ns, MM dan tim, menitikberatkan adanya suatu inovasi pada pelayanan rawat jalan. Dalam hal ini diharapkan akan mengurangi antrian panjang di bagian pendaftaran, mengurangi waktu tunggu pasien di rawat jalan, mempercepat pelayanan pasien di rawat jalan, mempercepat pelayanan obat di Farmasi dan mengurangi antrian pasien di ruang tunggu Farmasi.

Sedangkan untuk juara 2 diraih oleh Dra. Endang Sri Suryani, Apt dan tim, menitikberatkan inovasi pada pelayanan di Instalasi Farmasi dengan penggunaan sistem antrian obat pasien rawat jalan ke dalam aplikasi web sehingga bisa diakses oleh pasien dimanapun tempatnya,  pasien mendapat kepastian waktu kapan obatnya sehingga dapat menunggu di rumah atau pun di tempat lain dengan nyaman tanpa harus antri di ruang tunggu pelayanan Farmasi Rawat Jalan.

Juara 3 diraih oleh Yuni Riyanti, SST yang menitikberatkan pada peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan melalui aplikasi mobile berbasis android ” RSUD Online” sehingga dapat melakukan pendaftaran rawat jalan ,  , mengakses informasi produk layanan RS  serta akses informasi ruang perawatan dan fasilitas yang ada di RSUD Cilacap secara online.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Cilacap memberikan penghargaan berupa piagam dan hadiah kepada para juara sebagai berikut :

[gview file=”http://rsud.cilacapkab.go.id/v2/wp-content/uploads/2018/05/LOMBA-INOVASI-PELAYANAN-1.xlsx”]

Selamat dan sukses kepada para pemenang…

Teruslah berinovasi demi RSUD Cilacap.. Jaya.. Jaya.. Jaya…

 


Comments are closed.

%d bloggers like this: