logo
  • 29/04/2018
  • Berita
  • Comments Off on SIMULASI BENCANA GEMPA BERPOTENSI TSUNAMI DI RSUD CILACAP

SIMULASI BENCANA GEMPA BERPOTENSI TSUNAMI DI RSUD CILACAP

Kamis, 26 April 2018, jam 10.00 – 12.00 wib, dilaksanakan simulasi penanggulangan bencana gempa berpotensi tsunami secara nasional. Dalam waktu tersebut sirine tanda peringatan tsunami akan berbunyi. Kegiatan ini merupakan program nasional dalam rangka Hari Kesiapsiagaaan Bencana (HKB) yang disimulasikan di seluruh Indonesia di setiap instansi.

Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap sebagai institusi pelayanan kesehatan memiliki tanggung jawab penuh terhadap keselamatan pasien selama berada di RSUD Cilacap, apabila terjadi bencana. Upaya evakuasi pasien harus dilakukan secara cepat dan tepat sehingga pasien selamat.

Listyorini, SKM, MH,  Kepala Bidang Pelayanan Penunjang Medis RSUD Cilacap, selaku  Ketua Pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK- salah satu pokja dalam Tim Akreditasi yang bertugas sebagai Koordinator Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana) menyampaikan dalam amanat apel pagi di halaman RSUD Cilacap, mengajak dan menghimbau peran aktif seluruh petugas rumah sakit terkait adanya kegiatan simulasi penanggulangan bencana gempa berpotensi tsunami di RSUD Cilacap. Hal yang pertama dilakukan adalah edukasi kepada para pasien dan keluarga akan adanya simulasi dimaksud agar tidak menimbulkan kepanikan dan keributan.

 

Selanjutnya, apabila sirine telah berbunyi, segera lakukan evakuasi ke titik kumpul terdekat yang telah ditentukan. Titik kumpul ini merupakan area terbuka yang jauh dari bangunan / gedung.

Apabila ada pemberitahuan potensi tsunami segera evakuasikan ke tempat yang lebih tinggi atau gedung berlantai 2 dengan menggunakan selasar dan tangga. Hindari penggunaan lift karena dikhawatirkan akan terjebak di dalam karena lift kemungkinan tidak berfungsi secara maksimal

Alhamdulillah…. simulasi bencana gempa berpotensi tsunami di RSUD Cilacap telah berjalan dengan baik dan lancar. Harapan dari kegiatan ini adalah agar kita senantiasa waspada dan siaga melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan apabila bencana tersebut terjadi. Hindari kepanikan dan kecemasan yang berlebihan yang berakibat gagalnya upaya evakuasi dan penyelamatan. Semoga menjadi pembelajaran yang baik untuk kita semua.

Tentunya kita senantiasa berdoa semoga  senantiasa dilindungi dari segala macam bencana yang melanda bumi Indonesia tercinta dan bumi Wijayakusuma Sakti tentunya. Aamiin…


Comments are closed.

%d bloggers like this: