logo
  • 29/04/2018
  • Artikel
  • Comments Off on “SEHAT” PENTING UNTUK KITA

“SEHAT” PENTING UNTUK KITA

 

Sehat itu sesuatu yang membuat diri ini menjadi nyaman, dapat merasakan kenikmatan yang diberi Allah SWT untuk kita sehingga nilainya sangat tinggi, jadi wajar kalau biaya kesehatan itu mahal, oleh karena itu kita harus berupaya agar tetap bisa menjaga kesehatan sebelum turunya sakit. Terutama menjaga organ tubuh yg paling vital, organ yg bisa menentukan sehat dan sakitnya seluruh tubuh yaitu “HATI”
Rosulullooh Muhammad SAW bersabda:
إن فى الجسد مضغة…
INNA FIL JASADI MUDHGHOH….
Sesungguhnya di dalam tubuh manusia itu ada (mudhghoh) segumpal darah kental, yg menentukan sehat dan rusaknya seluruh tubuh, kalau mudhghoh itu baik maka sehatlah seluruh tubuh, sebaliknya manakala mudhghoh itu rusak maka sakitlah seluruh tubuh, mudhghoh itu ialah HATI NURANI. Hati itu terletak di tengah-tengah jasad/tubuh sebagai penyeimbang antara kanan dan kiri, antara atas dan bawah, artinya sebagai pengendali dan penentu baik dan buruknya, sehat dan sakitnya, bahagia dan susahnya seseorang.
Namun kenyataan yg terjadi kebanyakan orang lebih mementingkan kesehatan fisik/jasad sementara kesehatan hati nurani terabaikan. Padahal kesehatan hati nurani atau yg dikenal dg kesehatan rochani itu lebih mudah dan murah asal mau melakukanya. Misalnya: selalu optimis dan berfikiran positif serta husnudhon terhadap dirinya sendiri maupun orang lain disertai dengan doa ynng paling utama ajaran Rosululloh SAW:
أفضل الدعاء أن تسئل ربك العفو والعافية
” AFDHOLUDDU’AAI ANTASALA ROBBAKA AL’AFWA WAL’AAFIYATI ”
Artinya: doa yg paling utama yaitu, mintalah kepada Tuhanmu agar engkau diberi ampunan dan sehat. Oleh karena itu mari kita mewajibkan diri sendiri untuk selalu berdoa :
أللهم إني أسئلك العفو والعافية والمعافة الدائمة فى الدين والدنيا والآخرة
” Alloohumma innii as aluka al’afwa wa al’aafiyah wa almu’aafata addaaimah fiddiini waddunya wal aakhiroh ”
Yaa Allah SWT, aku mohon kepadaMu ampunan dan selalu sehat/sembuh selamanya, baik dalam agama, dunia maupun akhirat.
itulah yang penting buat kita menjaga “KESEHATAN HATI”
sehat awake, sehat rejekine, sehat perjuangane. (AtM/Prg)

 


%d bloggers like this: