logo
  • 02/03/2018
  • Berita
  • Comments Off on RSUD CILACAP SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI /WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI

RSUD CILACAP SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI /WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI

RSUD CILACAP sebagai salah satu institusi pelayanan publik di daerah memantapkan kredibilitasnya melalui pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis 1 Maret 2018.Bertempat di halaman Paru Centre – Komplek RSUD Cilacap Jln Dr. Soetomo, Wakil Bupati Cilacap Bp. Syamsul Auliya Rahman , SSTP, M.Si  bertindak sebagai Pembina apel sekaligus  menyaksikan pencanangan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Deklarasi yang menyatakan kesiapan Direktur bersama para pejabat struktural/fungsional, Tenaga Medis dan Para Medis serta seluruh  pegawai RSUD CILACAP untuk membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Acara pencanangan  tersebut  sekaligus dihadiri oleh Kepala OPD dan Kepala Bagian Setda terkait, Dewan Pengawas RSUD Cilacap, serta seluruh Civitas Hospitalia RSUD Cilacap.

Kegiatan pencanangan ini merupakan bagian dari proses pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Sesuai amanat UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permen PAN RB No. 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK WBBM di lingkungan instansi pemerintah , RSUD Cilacap ditunjuk dengan surat Sekretaris Daerah Cilacap tanggal 9 Januari 2018 Nomor  700/0136/14  sebagai  lokus WBK/WBBM instansi Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap untuk melaksanakan program akselerasi dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM tahun 2018. Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Cilacap Mengharapkan Managemen RSUD Cilacap menjadi lebih baik, mampu meningkatkankan akuntabilitas kineja dan mampu meningkatkan pelayanan publik yang bersifat  konkrit. Komitmen dimaksud dituangkan dalam Pakta Integritas yang akan ditandatangani oleh civitas hospitalia RSUD Cilacap dan Pemerintah Kabupaten Cilacap .

 Direktur RSUD Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si menandatangani pakta integritas disaksikan oleh Wakil Bupati Cilacap dan Inspektur Kabupaten Drs Imam Yudiono, MM dan Ketua Dewan Pengawas Drs. Wasi Aryadi, MMBerbagai  kegiatan akan dilaksanakan setelah pencanangan  yang mengacu kepada parameter komponen pengungkit yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan kualitas pelayanan publik. Selanjutnya terdapat tahapan pelaporan dan review yang pada akhirnya Kementerian PANRB akan melakukan penilaian di tingkat nasional.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan peresmian pemindahan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Klinik Jantung menempati Gedung Jantung Centre yang terbangun dengan Anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( DBHCHT tahun anggaran 2016 dan 2017). Pemindahan sementara IGD sehubungan pembongkaran gedung IGD eksisting yang terdampak  kegiatan  pengembangan RSUD Cilacap. Pembangunan RSUD Cilacap akan terus dilakukan secara bertahap,  pekerjaan  pembangunan pada tahun 2018 meliputi  penyelesaian  struktur Gedung A yang akan diperuntukkan untuk Instalasi Rawat Jalan , penyelesaian design interior gedung A serta pekerjaan mekanikal elektrikal penunjang operasional  gedung.

Rangkaian acara yang lain adalah Lounching Reservasi ON-LINE, sebagai salah satu bentuk aplikasi yang disiapkan RSUD Cilacap guna meningkatkan pelayanan publik dengan memfasilitasi pelanggan dengan kemudahan  dalam melakukan reservasi online sebelum melakukan kunjungan ke Instalasi Rawat Jalan pada H-7 sampai dengan H-1. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk tidak lagi antre pendaftaran secara konvensional, bagi pelanggan yang sudah melakukan reservasi jauh-jauh hari dapat langsung melaksanakan cek – in di di loket 1 dengan membawa berkas yang dipersyaratkan pada tanggal kunjungan yang direncanakan.

Pada sesi akhir, dilaksanakan kegiatan ramah tamah Direktur RSUD CILACAP bersama seluruh tamu undangan di gedung STROKE CENTRE yang terbangun dengan dana DBHCHT Tahun 2017, dan akan dikembangkan menjadi bangunan dua lantai dengan rencana peruntukan sebagai  gedung REHABILITASI MEDIK yang akan dilanjutkan Pembangunannya pada tahun 2018 ini dengan pendanaan dari  APBD Kabupaten Cilacap yang bersumber dari Dana Sharing Pajak Rokok Tahun Anggaran 2018. Peningkatan pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat akan terus dilakukan   RSUD Cilacap tentunya dengan dukungan dari semua pihak .

Bersatu Padu, Berjalan Seirama

Semangat Terpacu, Membangun Bersama

RSUD Cilacap maju, Cilacap semakin Sejahtera secara merata…………..  


%d bloggers like this: