• 11/11/2017
  • Informasi Publik
  • Comments Off on PELAYANAN MEDICAL CHECK UP (MCU) UNTUK CALON TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI RSUD CILACAP

PELAYANAN MEDICAL CHECK UP (MCU) UNTUK CALON TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI RSUD CILACAP

RSUD Cilacap saat ini sedang menyiapkan pelayanan MCU untuk Calon Tenaga Kerja Indonesia, hal ini sebagai upaya  tindak lanjut dari K Undang-undang RI Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 618 / Menkes/SK/V/2007 tentang Penetapan Sarana Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Yang Akan Bekerja Ke Luar Negeri. Beberapa hal persiapan  yang sudah dilakukan oleh RSUD Cilacap adalah sbb :

  1. Melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI terkait Rencana kegiatan untuk menambah jumlah sarana pelayanan pemeriksaan kesehatan CTKI disesuaikan dengan daerah kantong-kantong CTKI. Kabupaten Cilacap menempati urutan ke-2 di Jawa Tengah, saat ini baru dilayani oleh 1 (satu) sarana kesehatan.
  2. Melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap untuk memperoleh rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan ijin operasional pelayanan pemeriksaan kesehatan dari Kementerian Kesehatan R.I
  3. RSUD Cilacap telah mendapat Rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu syarat dalam permohonan penetapan sebagai sarana kesehatan pemeriksaan kesehatan CTKI ke Kementerian Kesehatan RI, sebagaimana ketentuan dalam pasal 49 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 39 Tahun 2004
  4. Dokumen permohonan dari RSUD Cilacap dan saat ini masih dalam proses untuk perolehan Ijin Operasional di Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes.
  5. Mempersiapakan sarana prasarana dan sumberdaya pendukung yang dalam waktu dekat akan divisitasi oleh Tim Kemenkes RI .

Rencana Pelayanan MCU bagi Calon TKI akan dibuka setiap hari kerja yang mencakup pemeriksaan awal (pra-medical) dan pemeriksaan akhir (MCU) yang terdiri dari Pemeriksaan Radiologi, Pemeriksaan Laboratorium danPemeriksaan Penyakit Dalam. RSUD Cilacap akan menyiapkan Ruang Pelayanan MCU satu pintu mulai pendaftaran sampai dengan hasil pemeriksaan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Radiologi dan Dokter Spesialis Patologi Klinik, Perawat, Tenaga Kesehatan lainnya dan petugas administrasi.

RSUD Cilacap akan berusaha untuk melakukan pemeriksaan sesuai standar sehingga memberikan hasil yang prima dan akurat dengan Prosedur yang efisien dan ekonomis. Rencana operasional pelayanan  MCU bagi Calon TKI diperkirakan akan dimulai  kurang lebih awal Tahun 2018 (PRG/Neng)


%d bloggers like this: