• 09/11/2017
  • Informasi Publik
  • Comments Off on PENINGKATAN PELAYANAN DENGAN PENAMBAHAN ALAT KESEHATAN S/D TAHUN 2017

PENINGKATAN PELAYANAN DENGAN PENAMBAHAN ALAT KESEHATAN S/D TAHUN 2017

Sebagai upaya perwujudan visi RSUD Cilacap untuk menjadi Rumah Sakit Pilihan Masyarakat, RSUD Cilacap telah terakreditasi paripurna versi KARS 2012. Kami terus berusaha untuk menyempurnakan pelayanan kami sesuai dengan misi ke 5 (lima) menggunakan sistem informasi dan teknologi kedokteran modern yaitu dengan penambahan alat – alat kesehatan untuk menunjang pelayanan kesehatan. Penambahan Alat Kesehatan bersumber dari berbagai sumber pendanaan diantaranya adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2017.

DAK merupakan dana yang bersumber dari APBN yang dialokakasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah tertentu dan sesuai dengan prioritas nasional, sesuai dengan fungsi yang merupakan perwujudan tugas kepemerintahan di bidang tertentu, khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat.

Pada tahun anggaran 2017 RSUD Cilacap mendapat alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan dengan total pagu sebesar Rp.  3.985.072.000,- yang dimanfaatkan untuk pembelian alat-alat kesehatan sebanyak 33 unit dan alokasinya adalah sebagai berikut:

1.      IGD 5 unit
–       Oximerti 1
–       Kursi roda 2
–       Examination light 1
–       Infus pump 1
2.      Ruang Operasi (IBS) 10 unit
–       X-Ray film viewer 2
–       Infant Radiant warmer 1
–       Section Caesarian Set 3
–       Mastectomi Set 2
–       Lampu operasi (Ceyling Type) 1
–       Syringe Pump 1
3.      ICU 5 unit
–       Bed Slide Monitor 1
–       Suction Pump 4
4.      Instalasi Rawat Inap 11 unit
–       X-Ray film viewer 1
–       Examination light 1
–       Infus pump 6
–       Doopler 2
–       Suction Pump 1
5.      Laboratorium 2 unit
–       Biosafety Cabinet 1
–       Blood Storage Freezer 1

 

Proses pelaksanaan DAK Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2017 berjalan lancar sesuai aturan yang berlaku, sampai dengan Triwulan III realisasi fisik sudah 100 %,  saat ini telah di distribusikan ke unit kerja / instalasi dan sudah digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan. (MR/Prog/Yudi)


%d bloggers like this: