SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT RSUD CILACAP TAHUN 2016

Laporan hasil Survei Kepuasan Masyarakat di RSUD Cilacap adalah sebagai berikut :

Instalasi Rawat Jalan

  • 1 (satu) dari 9 unsur pelayanan yang masih memiliki nilai yang rendah, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pihak manajemen adalah Waktu Pelayanan (U3) sebesar 1.80
  • Hasil dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di RSUD Cilacap tahun 2016 mendapat nilai sebesar 41 yang berada dalam nilai interval 62,51 – 81,25 dan masuk dalam kategori “Baik” dengan nilai mutu pelayanan B”.

 

Instalasi Gawat Darurat (IGD)

  • 1 (satu) dari 9 unsur pelayanan masih memiliki nilai yang masih rendah, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pihak manajemen adalah Maklumat Pelayanan (U8) sebesar 2.05
  • Hasil dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di RSUD Cilacap tahun 2016 mendapat nilai sebesar 11 yang berada dalam nilai interval 43,76 – 62,50 dan masuk dalam kategori “Kurang Baik” dengan nilai mutu pelayanan “C”.

 

Instalasi Rawat Inap

  • 1 (satu) dari 9 unsur pelayanan masih memiliki nilai yang masih rendah, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pihak manajemen adalah Maklumat Pelayanan (U8) sebesar 2.98
  • Hasil dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di RSUD Cilacap tahun 2016 mendapat nilai sebesar 03 yang berada dalam nilai interval 81,26 – 100,00 dan masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan nilai mutu pelayanan “A”.

 

Beberapa tindak lanjut yang dapat dilakukan sebagai evaluasi dan perbaikan pelayanan di masa yang akan datang adalah :

1. Petugas perlu membangun komunikasi yang efektif dan mampu memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pelanggan selaku pengguna jasa pelayanan sehingga terdapat pemahaman yang baik tentang pelayanan kesehatan di Rumah Sakit kepada masyarakat.

2. Perlu perhatian serius terhadap unsur pelayanan yang masih memiliki nilai rendah sedangkan unsur pelayanan yang sudah baik agar terus bisa ditingkatkan.

3. Perlu meningkatkan kepuasan masyarakat di rawat jalan dan IGD dengan meningkatkan pelayanan.

4. Untuk meningkatkan unsur pelayanan terkait dengan maklumat pelayanan dan waktu pelayanan maka rumah sakit perlu :

a. Perlu Penambahan fasilitas di ruang rawat jalan seperti AC atau kipas angin.

b. Di ruang rawat inap perlu penambahan fasilitas seperti kipas angin atau AC untuk meningkatkan kenyamanan pasien.

c. Jam buka pelayanan di klinik spesialis lebih awal (gasik) agar pasien tidak menunggu terlalu lama.

d. Dipasang alur pelayanan pasien yang berisi maklumat pelayanan, prosedur pelayanan, jenis pelayanan dan cara mendapatkan pelayanan di RS.

e. Disediakan petugas yang stand by untuk memberi informasi tentang prosedur pelayanan kepada pasien.

f. Dipasang daftar tarif pelayanan rumah sakit

g. Petugas informasi dan klinik dibekali tentang informasi tarif rumah sakit dan cara bayarnya.

h. Adanya penambahan kotak saran pada tempat-tempat yang strategis yang disertai alat tulis.

i. Dipasang nomer telepon pengaduan yang bisa dihubungi

j. Ada petugas yang siap menerima pengaduan secara langsung

k. Melengkapi alat-alat laboratorium dan radiologi sehingga fasilitas RS sesuai dengan standar RS tipe B

l. Melengkapi alat kesehatan dan kedokteran yang belum ada.

5. Perlu  penambahan  jumlah  dokter  spesialis  dan jenis spesialisasi guna meningkatkan mutu pelayanan dan sesuai dengan standar Rumah Sakit Tipe B.

No Dokter spesialis Standar Jumlah yang tersedia Kekurangan
1 Syaraf 2 1 1
2 Jantung 2 0 2
3 Kulit dan Kelamin 2 1

1

4 Anak 3 2 1
5 THT 2 1 1
6 Paru 2 1 1
7 Rehabilitasi medik 2 0 2
8 Radiologi 2 1 1
9 Patologi klinik 2 1 1
10 Jiwa 2 1 1

6. Perlu promosi  jenis  dan  macam  pelayanan  Rumah  Sakit kepada masyarakat melalui radio, leaflet, banner, website, twitter maupun media sosial lainnya.